Sabtu, 19 Mei 2012

Rasa Iri

Siapa orang yang tidak pernah iri dengan orang lain, bahkan ketika kita memiliki sahabat atau teman dekat, rasa iri itu pasti datang.



Siapa bilang iri tidak bermanfaat? ya, mungkin lebih banyak kerugian yang ditimbulkan. Tetapi, ternyata rasa iri ini mempunyai beberapa manfaat,

Berikut hal-hal positif dari rasa iri :

1.) Tersugesti untuk melakukan hal sesempurna mungkin

Mungkin agan tidak percaya, ketika kita iri pada orang lain, miss : ketika teman mendapat nilai lebih tinggi dari kita, pasti kita akan berusaha untuk mengalahkan nilai dari teman itu.
Tetapi, hal yg perlu diketahui, ketika cara yang digunakan untuk menyempurnakan keinginan kita tidak sesuai atau lebih dikenal dengan cara licik (hhaha). Rasa iri itu makin menjadi-jadi, buktiin aja

tetapi, rasa iri itu jika lama kelamaan tidak mereda, akan menghancurkan diri sendiri. Agar rasa iri itu dapat menghilang, menurut saya, ini caranya :

1.) Jangan pernah mengeluh

Mengeluh akan nasib inilah yang membuat rasa iri timbul, iri kepada orang yang bernasib baik, dll. Ketika ada sesuatu yang tak diinginkan, miss : presentasi kacau, dll. Anggaplah bahwa semua itu hanyalah tundaan sementara. Iri boleh, tetapi iri juga mempunyai tingkat batas.

2.) Rasa Iri Datang? bersugestilah

Sugesti? ya, jika iri itu dipendam, maka bersugestilah dan memikirkan jika suatu saat diri kita adalah yang terbaik, lupakan rasa iri itu. Berpikir untuk kesenangan esok

3.) Jangan dipendam dan Jangan diutarakan

Ketika iri dengan orang lain, lupakan... dipendam jangan, ntar rasa iri itu makin menjadi-jadi.
Ketika rasa iri datang, jangan menggunjingkan / membicarakan orang yang membuat kita iri, hal itu juga menyebabkan rasa iri akan semakin menjadi-jadi.

4.) Berwudhu

Hal yang paling utama dalam mengatasi rasa iri adalah berwudhu dan berdoa, sebab, dapat menenangkan hati.

5.) Perlahan-lahan Lupakan Orang yang Membuat Rasa Iri Datang

Lupakan orang itu, rasa iri itu pasti juga akan memudar.
Berpikirlah bagaimana agar kita dapat bangkit dari rasa iri yang dapat menghancurkan diri sendiri.
Yang terpenting adalah bagaimana kita dapat menjaga sikap terhadap orang yang membuat kita iri. Yang terpenting, jangan pernah dendam dengan orang yang telah membuat rasa iri itu datang, bawalah suasana menjadi santai =)

#salamdamai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar